7 Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis

Covid-19 yang membatasi pergerakan masyarakat Indonesia telah membuat banyak orang di berbagai kalangan semakin susah untuk mencari nafkah. Namun ternyata, ada satu cara baru yang konon dapat menghasilkan uang secara mudah, yaitu dengan menggunakan aplikasi penghasil saldo DANA.

Era digital memang memberikan banyak kemudahan untuk dunia. Tak hanya dalam hal berkomunikasi, mencari informasi, belanja, atau mencari hiburan, namun juga untuk menghasilkan sedikit uang tambahan tanpa harus bekerja keras dan hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari remaja hingga dewasa.

Apa Itu DANA?

Apa-Itu-DANA

Sebelum membahas lebih jauh mengenai aplikasi apa saja yang bisa menambah saldo DANA secara otomatis, mari pahami dulu apa itu DANA. Bagi kamu yang selama ini mungkin kurang suka atau bahkan tidak pernah bertransaksi online, mungkin kamu sama sekali belum pernah mendengar tentang DANA.

Jika kebetulan kamu juga kurang mengikuti perkembangan teknologi, nama aplikasi yang satu ini mungkin juga masih sangat tidak familiar. Jadi, DANA yang dimaksud di sini bukanlah uang, melainkan nama dari sebuah aplikasi. Tapi aplikasi ini memang erat kaitannya dengan uang itu sendiri.

Jadi, aplikasi ini merupakan sebuah dompet digital, atau yang lebih populer dengan sebutan e-wallet, yang fungsi utamanya adalah untuk menyimpan sejumlah uang dan selanjutnya dapat digunakan untuk membayar sesuatu secara online dan offline.

Sebagai sebuah dompet digital, DANA menggunakan sistem berbasis perangkat lunak yang menyimpan informasi pembayaran dan kata sandi pengguna dengan aman untuk berbagai metode pembayaran, transaksi digital lain, serta menyimpan history pembayaran secara detail.

Siapa Pemilik dan Penyokong Aplikasi DANA?

Siapa-Pemilik-dan-Penyokong-Aplikasi-DANA

Aplikasi DANA didesain, dikembangkan, dan dipublikasikan secara resmi oleh sebuah perusahaan startup legal asli Indonesia bernama PT Espay Debit Indonesia Koe. Perusahaan ini berdiri secara resmi pada 5 Desember 2018 di bawah Chief Executive Officer (CEO) yang bernama Vincent Iswara

Sejak pertama dibuka hingga saat ini, PT Espay Debit Indonesia Koe berkantor pusat di Jakarta Selatan tepatnya di Capital Place Lantai 18 yang beralamat di Jalan Gatot Subroto RT 006 RW 001, Kelurahan Kuningan Barat, Kecamatan Mampang Prapatan.

Namun saat pertama kali dibuat, DANA tidak seperti sekarang ini. Perjalanan DANA diawali sebagai sebuah platform digital yang menawarkan pembayaran, layanan keuangan, dan poin loyalitas yang saat itu didukung oleh KMK Online (Kreatif Media Karya).

KMK Online sendiri merupakan perpanjangan tangan digital dari perusahaan besar dan termasuk tua bernama PT Elang Mahkota Teknologi Tbk atau yang biasa disingkat EMTEK, yang sudah berdiri sejak tahun 1983.

Seiring dengan perkembangan aplikasi dan kepercayaan yang diberikan para pengguna DANA, aplikasi ini mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk beroperasi sebagai sebuah fintech di Indonesia.

Aplikasi ini dirasa sudah memenuhi seluruh syarat dan ketentuan sebagai lembaga teknologi finansial. Saat sudah menjadi lebih besar dan dikenal seperti sekarang, investor utama dari aplikasi DANA adalah PT Elang Sejahtera Mandiri, yang merupakan anak perusahaan dari PT Elang Mahkota Teknologi tadi.

Sebagai perusahaan swasta yang bergerak di bidang media dan teknologi informasi modern, Elang Mahkota Teknologi telah menjalin banyak kerjasama dengan perusahaan sejenis yang salah satunya adalah Ant Financial.

Adanya kerjasama kedua pihak ini membuat aplikasi DANA memperoleh dukungan teknologi secara mudah dari pihak Ant Financial.

Selain itu, DANA juga menjalin hubungan kerja yang baik dengan sejumlah bank nasional di Tanah Air mulai dari Bank Sinar Mas, Bank Permata, BTN (Bank Tabungan Negara), Panin Bank, CIMB NIAGA, BRI, hingga Bank Mandiri, BCA, dan BNI.

Kegunaan Aplikasi DANA

Kegunaan-Aplikasi-DANA

Menyimpan atau membawa uang tunai dalam jumlah yang lumayan banyak saat bepergian pastinya akan membuat kamu merasa tidak nyaman karena kamu jadi harus ekstra waspada dan berhati-hati.

Belum lagi kalau uang tersebut adalah titipan misalnya untuk membeli sejumlah barang belanjaan yang totalnya sekitar Rp 5.500.000 atau mungkin juga lebih. Alhasil, kamu pun mungkin tidak akan tenang saat berjalan di supermarket dan memilih-milih barang belanjaan. Apalagi jika kebetulan kamu pergi sendiri.

Meskipun saat di supermarket tersebut aman, namun bisa saja ada hal tak terduga yang terjadi di jalan atau kendaraan umum yang kamu naiki sebelum kamu sampai di lokasi tujuan.

Namun dengan perkembangan teknologi termasuk dalam hal keuangan, kini kamu bisa menyimpan dan menggunakan banyak uang secara virtual lewat bantuan smartphone. Jadi sebagai dompet digital, aplikasi DANA menghilangkan kebutuhan untuk membawa dompet fisik sehingga uang kamu akan lebih aman.

DANA dikembangkan dengan baik sebagai salah satu dompet digital yang dikhususkan menyimpan uang dengan jumlah terbatas sesuai dengan standar keamanan dan regulasi Bank Indonesia. Jadi meskipun bisa menyimpan uang tapi bukan berarti sebanyak-banyaknya seperti saat kamu menyimpan di bank.

Selain kegunaan di atas, DANA juga memungkinkan penduduk negara ini untuk berpartisipasi dalam sistem keuangan global, memungkinkan pengguna melakukan pembayaran jarak jauh kapan dan dimana saja, serta dapat menerima pengiriman uang dari teman atau keluarga di kota berbeda dengan lebih cepat.

Jumlah Saldo dan Kegunaan Saldo DANA

Jumlah-Saldo-dan-Kegunaan-Saldo-DANA

Aplikasi dengan ciri khas warna biru ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan uang hingga Rp 10.000.000 jika kamu adalah pemilik akun premium atau yang sudah terverifikasi sesuai dengan identitas diri kamu.

Namun jika akun kamu belum terverifikasi, maka kamu harus puas dengan hanya menyimpan saldo maksimal Rp 2.000.000. Selanjutnya sejumlah saldo yang kamu miliki ini bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan seperti berikut:

1. Membeli Pulsa dan Paket Data

Apakah kamu pernah atau bahkan sering kehabisan pulsa atau paket data saat sudah tengah malam atau subuh dan kamu sedang sangat membutuhkannya? Pastinya tidak mungkin untuk ke konter, bukan?

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang pemerintah sudah melarang banyak tempat untuk beroperasi selama 24 jam kecuali pusat medis. Tapi jangan khawatir, karena dengan DANA kamu membeli pulsa atau paket data hanya dari rumah dan kapan saja (pagi, siang, tengah malam, weekend, liburan nasional, dsb.)

Tersedia pulsa dengan dengan nominal mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 1.000.000. Pilihan paket internet juga sangat beragam mulai dari paket flash yang harganya hanya Rp 1.500 untuk 100MB, hingga kuota puluhan Giga dengan harga mencapai ratusan ribu.

2. Bayar Tagihan Bulanan

Tak perlu lagi repot pergi ke kantor untuk melakukan pembayaran sejumlah tagihan bulanan seperti PDAM, listrik PLN, TV kabel, langganan internet Indihome, credit card, hingga pajak motor tahunan dan asuransi kesehatan serta BPJS, karena kamu bisa menggunakan DANA.

3. Bayar Belanjaan Online dari Sejumlah Platform

Jika kamu sering berbelanja di aplikasi Lazada, Bukalapak, atau HappyFresh, maka kamu bisa gunakan saldo DANA untuk membayar barang yang ingin kamu beli.

4. Bayar Belanjaan dari Merchant Offline

Tak hanya transaksi online, saldo DANA juga sangat berguna dalam kehidupan nyata alias secara offline. Dengan menggunakan aplikasi DANA, kamu dapat menyelesaikan pembelian offline (di toko fisik tertentu yang bekerjasama dengan DANA) secara mudah dan cepat hanya dengan scan barcode.

Tak hanya toko, sejumlah restoran dan kafe juga banyak yang sudah bekerjasama dengan DANA, jadi dijamin saldo kamu di dalam aplikasi ini tidak akan pernah mubazir. Selain itu, membayar belanjaan offline dengan DANA juga sering mendapat diskon lho.

5. Charity

Tak hanya bermanfaat untuk kebutuhan pribadi, saldo DANA juga bisa kamu gunakan untuk beramal lewat fitur bernama Dompet Dhuafa dan Dana Donasi. Cukup klik salah satu fitur tadi lalu masukkan sendiri jumlah uang yang ingin kamu donasikan.

6. Investasi

Selain mempermudah investasi akhirat, saldo DANA juga dapat digunakan untuk berinvestasi sungguhan dalam bentuk emas digital. Caranya dengan klik fitur bernama eMas dan kamu sudah bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram.

Saat melakukan proses pembelian, DANA juga menampilkan informasi detail tentang harga jual dan beli emas dalam beberapa waktu, jadi kamu sudah bisa tahu perkiraan harganya jika kamu membeli emas dari DANA hari ini kira-kira berapa harganya setelah 6 bulan ke depan misal.

Kegunaan Lain

  • Membeli digital voucher.
  • Pulsa pascabayar.
  • Transfer uang ke pengguna lain via chat atau bank.
  • Bayar gas.
  • Bayar angsuran / cicilan.
  • Top up game.
  • Beli tiket bioskop.
  • Bayar langganan bulanan sebagai pengguna akun premium aplikasi Vidio.
  • Khusus pelaku bisnis makro dan waralaba dapat menerima pembayaran cashless (non tunai) dari konsumen lewat fitur Dana Binsis.
  • Membagikan saldo ke pengguna lain dengan jumlah sesuai dengan yang kamu inginkan.
  • Tarik saldo dengan datang ke Indomaret atau Alfamart lewat fitur bernama
  • Membayar tagihan bersama dengan beberapa teman yang sama-sama menggunakan lewat fitur Split Bill.

Aplikasi Penghasil Saldo DANA

Jika kebetulan kamu harus membayar salah satu tagihan di atas tapi saldo DANA tidak cukup atau bahkan kosong, dan di saat yang sama rekening kamu juga tidak ada isinya misal, maka sebelum jatuh tempo kamu bisa gunakan salah satu aplikasi berikut untuk membuat saldo DANA kamu terisi:

1. Snack Video

Snack-Video-1

Meski sempat ada kontroversi dan bahkan diblokir oleh Kominfo beberapa waktu lalu, namun kini Snack Video sudah medapat izin resmi dari OJK dan Kominfo memperbolehkannya untuk beroperasi kembali.

Kamu bisa download Snack Video dari sini, lalu jika sudah terinstall, daftarlah akun dengan memasukkan nomor hp yang aktif atau lewat email.

Setelah mengisi beberapa data lain yang dibutuhkan seperti yang ditampilkan di layar dan akun kamu sudah aktif, klik gambar peti dan input kode undangan.

Selanjutnya kamu bisa follow pengguna lain dan like video untuk mendapat lebih banyak koin yang nantinya bisa ditukar dengan saldo dan bisa dikirim ke aplikasi DANA.

2. TikTok

TikTok

Aplikasi populer ini bisa membuat kamu mendapat uang hingga ratusan ribu hanya dengan menonton video sebanyak mungkin dan mengajak teman-teman kamu untuk menginstall dan menggunakan TikTok.  Sayangnya, koin minimal yang bisa ditarik dari aplikasi ini cukup banyak yakni 500.000 koin.

Jika kamu cari aplikasi yang dijamin aman, sudah terbukti banyak yang menggunakan, tapi di saat yang sama kamu juga telaten mengumpulkan koin untuk ditukar saldo, maka kamu bisa download TikTok dari Google Play atau App Store.

3. Indo Today

Indo-Today

Meski namanya termasuk asing, tapi aplikasi dari developer SeaTopnews ini dijamin aman dan gratis di download dari Play Store. Jika berhasil mengajak teman atau kenalan untuk menggunakan Indo Today, kamu juga bisa langsung dapat 50.000 koin.

Sedangkan untuk menambah saldo, kamu bisa menyelesaikan sejumlah misi seperti menonton video, membaca berita, main game sederhana, atau buat vlog singkat untuk memenangkan hadiah berupa koin-koin yang nantinya bisa ditukar dengan uang dan bisa ditarik ke rekening bank atau e-wallet seperti DANA.

4. Helo

Helo

Kamu hanya perlu membaca berita atau menonton video singkat secara rutin setiap hari untuk memperoleh koin di Helo. Kamu juga bisa mendapat bonus koin tambahan jika rajin klik Check-in selama 30 hari berturut-turut. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia Play Store, tidak di App Store.

5. Cashzine

Cashzine

Menurut sejumlah review online yang ada di Play Store dan App Store, lebih banyak review positif yang mengatakan bahwa aplikasi terbukti aman dan memang membayar para penggunanya yang rajin menyelesaikan misi seperti membaca artikel dan menonton video.

Setiap kali berhasil menyelesaikan satu tugas, kamu akan diberi 50 koin. Jika ingin langsung mendapat banyak koin, maka kamu bisa mengundang teman dan hadiahnya adalah 2.000 koin untuk teman kamu dan 8.000 untuk kamu. Jika kamu berhasil mengundang 10 teman, maka kamu bisa mendapat 80.000 koin.

Baca – Baca Berita Terkini & Video Humor

Baca-Baca-Berita-Terkini-Video-Humor

Aplikasi yang dikembangkan oleh News in Palm (NIP) ini telah mendapat 4.1 bintang dari pengguna Android yang menandakan bahwa aplikasi ini memang bukan abal-abal. Kamu bisa buktikan sendiri dengan mendownloadnya dari sini.

Jika sudah registrasi akun dan membuka aplikasi di tampilan home, maka kamu akan melihat bahwa aplikasi ini berisi banyak artikel berita yang tak hanya membuat kamu mengetahui informasi penting dan terkini di Tanah Air tapi juga bisa memperoleh koin yang bisa ditukar dengan uang sungguhan.

Ada berbagai macam kategori berita yang bisa dipilih sesuai dengan minat masing-masing pengguna, mulai dari berita hiburan dan olahraga yang lebih santai hingga berita yang lebih serius dan kadang menegangkan seperti politik dan ekonomi negara.

Ceki Ceki

Aplikasi ini akan memberikan tugas kepada pengguna untuk membagikan produk yang dijual di dalam aplikasi kepada orang lain yang belum memiliki Ceki Ceki.

Jika orang lain tersebut tertarik dengan produk yang kamu bagikan, dan akhirnya ia menginstall serta membeli produk tersebut, maka kamu akan mendapat komisi sebagai imbalan. Tapi sebelum mendownload, perlu diketahui bahwa aplikasi ini tidak tersedia di Google Play apalagi App Store.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa tetap mendownload dari sumber pihak ketiga misalnya seperti di halaman ini. Tapi sebelum klik download, pastikan dulu untuk mengubah sedikit settingan di smartphone kamu. Jika tidak, smartphone tidak akan bersedia mendownload karena tidak berasal dari Google Play atau App Store.

Settingan yang harus diubah ada di bagian menu Pengaturan, lalu pilih Privasi dan Pengaturan, dan cari tulisan Sumber Tidak Dikenal (Unknown Source). Geserlah tombol di sebelah kanan tulisan ini sampai warnanya hijau. Baru kemudian klik Downloaddari halaman di atas tadi.

Simpan uang dan transaksi lewat DANA dijamin aman, cepat, dan tidak ribet. Kamu bisa buktikan sendiri dengan mendownloadnya dari App Store atau Play Store, lalu gunakan salah satu aplikasi penghasil saldo DANA di atas untuk mengisi saldo DANA saat rekening kamu sedang kosong.

 

Lihat Juga :