Kalahkan Martapura FC, Persebaya Promosi ke Liga 1

Sabtu, 25 November 2017 17:04 WIB

BANDUNG - Persebaya Surabaya berhasil promosi ke kompetisi Liga 1! Kepastian ini didapat setelah tim Bajul Ijo mengalahkan Martapura FC dalam semifinal Liga 2 2017, di Stadion GBLA, Bandung, Sabtu 25 November 2017.

Dalam pertandingan semifinal itu Persebaya mengalahkan Martapura FC dengan skor 3-1. Kemenangan ini sekaligus memastikan tim arahan Angel Alfredo Vera promosi ke kompetisi kasta tertinggi.

Sebab di dari Liga 2 musim ini diambil 3 tim yang berhak promosi ke Liga 1. Jatah promosi itu untuk juara, runner-up, dan peringkat ketiga. Dengan lolos ke final, otomatis Persebaya sudah menggenggam tiket promosi ke kasta Liga 1.

Persebaya mampu mendominasi jalannya pertandingan. Penguasaan bola sepenuhnya diungguli tim Bajul Ijo. Martapura FC seolah tidak diberikan ruang untuk mengembangkan permainan.

Gol Persebaya tercipta pada menit ke-25. Gol berasal dari titik penalti, setelah pemain belakang Martapura tertangkap handsball di kotak terlarang.

Eksekusi penalti yang dilepaskan Irfan Jaya tidak mampu ditahan kiper Martapura FC, Juni Irawan. Persebaya unggul 1-0.

Sekitar lima menit babak pertama bubar, Persebaya mampu memperbesar keunggulan. Tepatnya di menit ke-39, Persebaya mencetak gol lewat tendangan bebas, lagi-lagi dari Irfan Jaya.

Tendangan bebas yang tidak tinggi dan cukup jauh dari kotak penalti itu mampu meluncur ke gawang Martapura FC. Itu karena kerumunan pemain di kotak penalti, tidak mampu menyapu bola, hingga akhirnya mulus meluncur gawang Martapura.

Memasuki babak kedua intensitas pertandingan bertambah tinggu. Martapura FC berhasil memperkecil ketinggalan pada menit ke-55 ketika Reza Saputra berhasil mencetak gol.

Tapi hanya berselang dua menit, tepatnya menit ke-58, Persebaya memperlebar jarak. Gol sundulan Rishadi Fauzi membuat tim kebanggaan bonek ini mengubah skor menjadi 3-1.

Di sisi lain Martapura FC yang menelan kekalahan ini, masih punya peluang untuk promosi ke Liga 1. Syaratnya tim arahan pelatih Frans Sinatra Huwae harus memenangi pertandingan perebutan peringkat ketiga.

Lawan yang akan dihadapi Martapura harus menunggu pertandingan semifinal kedua yang berlangsung Sabtu malam. Semifinal kedua itu mempertemukan PSMS Medan melawan PSIS Semarang.

Berita Terkait