persija psis

Kalahkan Persija 2-1, PSIS Sukses Comeback

Minggu, 26 Mei 2019 23:28 WIB

MAGELANG - PSIS Semarang berhasil meraih kemenangan pertama di Shopee Liga 1 2019, setelah melakukan comeback atas Persija Jakarta di pekan kedua yang digelar di Stadion Moch Soebroro Kota Magelang, Minggu (26/5) malam. Kemenangan atas skuat asuhan Ivan Kolev ini juga menjadi revans PSIS karena kalah dua kali dalam dua kali pertemuan musim lalu.

Sempat tertinggal satu gol saat bek Persija Jakarta Ryuji Utomo mencetak gol di menit ke-37, penggawa PSIS sanggup membalas dua gol di babak kedua. Dwi gol skuat asuhan Jafri Sastra dicetak Hari Nur Yulianto. Gol tersebut terjadi dalam selang waktu dua menit, yakni pada menit ke-74 dan 76.

Hasil ini juga menjadi pengobat luka bagi PSIS setelah di laga pertama takluk 1-2 dari Kalteng Putra di tempat yang sama. Sementara itu bagi Persija yang berstatus juara bertahan belum berhasil memperoleh kemenamgan dari dua laga yang sudah dijalani di kompetisi ini.

Jalannya laga, Persija membuka peluang lewat sepakan bebas Bruno Matos di menit ke-10, setelah Marko Simic dilanggar Walace Costa di dekat kotak penalti. Namun sepakan pemain asal Brasil ini bisa ditangkap kiper PSIS, Jandia Eka Putra.

Semenit berselang PSIS merespon. Lewat pergerakan di sayap kanan, Fredyan Wahyu mampu mengirim umpan silang ke kotak penalti Persija. Sayang, peluang emas ini gagal dimanfaatkan Silvio Escobar karena tandukannya lemah dan hanya menghasilkan tendangan gawang bagi Persija.

Di menit ke-14, tim tamu kembali menekan. Peluang kembali didapatkan Bruno Matos. Lagi-lagi sepakannya masih bisa diamankan Jandia.

Kedua tim saling berbelas serangan. Beberapa skema serangan PSIS sempat mengancam gawang Macan Kemayoran lewat pergerakan Septian David Maulana di sisi kiri. Namun belum ada yang mengarah tepat ke gawang Persija yang dijaga Andritany Ardiansyah.

Sementara itu di menit ke-22, Persija kembali mendapat tendang bebas usai Wallace mengganjal Riko Simanjuntak.  Eksekusi tendangan bebas yang kembali diambil Bruno Matos kali ini melambung tinggi di atas gawang PSIS.

Di menit ke-31 PSIS mendapat peluang lewat tendangan bebas di sisi kanan gawang Persija. Sayang, tiga pemain Laskar Mahesa Jenar yang berada di muka gawang gagal memanfaatkan kemelut. Bola liar hasil umpan sepakan bebas Patrick Mota berhasil diamankan Andritany.

Di menit ke-35, tuan rumah kembali mendapat peluang. Namun kali ini umpan Septian David kepada Hari Nur belum berhasil membobol gawang Persija. Sepakan keras kapten PSIS itu melambung tinggi di atas mistar Andritany.

Di menit-37 Persija membuka skor lewat kaki Ryuji Utomo. Pemain belakang yang melakukan overlaping ini menerima bola hasil sapuan bek sayap PSIS, Safrudin Tahar yang tidak sempurna di dalam kotak penalti PSIS. Skor 1-0 untuk tim tamu.

Tertinggal satu gol, PSIS mencoba untuk melakukan percobaan menyamakan kedudukan. Sayang, sepakan Septian David melenceng di sisi kanan gawang Persija.

Di akhir babak pertama, PSIS kembali melakukan percobaan lewat tendangan dari luar kotak penalti. Namun dua peluang dari Septian David dan Silvio Escobar belum membuat Andritany kepayahan di depan gawang. Sepakan kedua pemain ini berhasil di blok pemain belakang Persija dan satu lagi melenceng di atas gawang.

Skor 1-0 untuk keunggulan Persija bertahan hingga wsit Yudi Nurcahya meniup peluit tanda babak pertama selesai. 

Di awal babak kedua, PSIS langsung menekan. Lagi-lagi Silvio Escobar mendapat peluang di muka gawang. Sayang, pemain asal Paraguay ini gagal memanfaatkan umpan Komarodin secara baik. Sepakannya hanya membentur pemain belakang Persija.

Giliran Persija mendapat peluang di menit ke-72 lewat kaki Bruno Matos. Pemain bernomor punggung 10 ini kembali gagal menjebol gawang PSIS karena sepakannya melambung dari sasaran.

Di menit ke-74, PSIS akhirnya menyamakan kedudukan lewat tandukan Hari Nur Yulianto. Kapten PSIS ini berhasil merobek gawang Andritany setelah memanfaatkan umpan Safrudin Tahar.

Setelah kedudukan imbang 1-1, Hari Nur kembali mencetak gol keduanya. Kali ini, pemain bernomor punggung 22 ini menyontek bola ke gawang yang kosong setelah Andritany gagal menghalau bola. Skor berbalik 2-1 untuk keunggulan PSIS.

Di menit ke-86, Persija memperoleh peluang untuk mengejar ketertinggalan. Sayang, sepakan voli Marko Simic hasil umpan silang dari sayap kanan berhasil dikuasai Jandia. Skor 2-1 bertahan hingga akhir laga untuk kemenangan PSIS.

Berita Terkait