Sisi Lain


Sistem Pengamanan Laga Persija Kontra Persib

Dibuat tanggal 14 August 2019
Sistem Pengamanan Laga Persija Kontra Persib

SHOPEE LIGA 1 2019 PERSIB BANDUNG PERSIJA JAKARTA

JAKARTA - Persija Jakarta versus Persib Bandung. Itu merupakan salah satu pertandingan akbar yang ditunggu pecinta sepak bola nasional. Laga yang mempertemukan dua klub eks Perserikatan itu, belakangan disebut sebagai el clasico-nya sepak bola Indonesia.

Laga tersebut identik sebagai pembukktian dua klub yang punya reputasi hampir serupa. Pernah sama-sama menjuarai kasta tertinggi sepak bola nasional, berjibun bintang,  hingga level fanatisme suporter yang hampir seragam; kreatif, jumlahnya ribuan dan militan.

Tak heran jika proses pengamanan pada pertandingan tersebut berbeda pendekatan dan penanganannya. Pada laga ini, panitia pelaksana (panpel) Persija berinisiatif menentukan cara pengamanan yang berlapis.

Bukan cuma menambah jumlah personel pengaman, tapi juga ada metode lain. Di antaranya, ada tiga tahap yang harus dilalui penonton sebelum memasuki stadion. Kebijakan inilah yang membuat pertandingan berlangsung aman, walau ada lebih dari 60 ribu suporter yang datang. Simak video berikut ini: