baritoputera

Rafi Syarahil Cedera Panjang, Momentum Menguji Kesabaran

Selasa, 4 Juni 2019 20:25 WIB

BANJARMASIN – Cedera yang dialami Rafi Syarahil sebelum Shopee Liga 1 2019 dimulai, memaksanya harus istirahat lama. Salah satu pahlawan Timnas U-19 ini disebut mengalami cedera ACL dan Meniscus.

ACL merupakan ligamen (jaringan ikat) di lutut yang sering sekali mengalami cedera. Sekitar 50% cedera ACL seringkali disertai dengan cedera struktur lainnya dalam sendi lutut seperti kerusakan meniskus (bantalan tulang), tulang rawan dan ligamen lainnya.

“Katanya dokter cedera ACL dan Meniscus,” demikian kata Rafi.

Cedera lutut kirinya itu ia dapat ketika pasukan Jacksen F Tiago melakoni uji coba melawan PS Taruna Persada, Sabtu, 4 Mei 2019 lalu.

Pada laga ini, Rafi tampil cukup apik, kendati ia tak turut menciptakan gol kemenangan 8-0 Laskar Antasari di Lapangan Madya Senayan, Jakarta, waktu itu.

Kejadiannya saat ia mencoba melepaskan diri dari kawalan musuh, namun ketika berbalik badan kemudian salah bertumpu. Ia pun tak bisa melanjutkan laga.

Kini Rafi hanya bisa mengucapkan banyak syukur. “Alhamdulillah baik. Alhamdulillah lancar (operasinya, red),” sahutnya ketika ditanya kabar.

Pasca pengobatan yang telah dilakukan beberapa waktu lalu itu, ia pun harus beristirahat lama. “Kurang lebih 5-6 bulan,” ungkapnya.

Jika demikian, nyaris Rafi harus melupakan seluruh musim kompetisi kasta tertinggi tanah air tahun ini. Jika pun bisa pulih cepat, pelatih Jacksen F Tiago besar kemungkinan tidak ingin mengambil risiko.

Rafi mencoba mengambil hikmah dibalik musibah yang dialaminya.

“Ini bukan hal terburuk bagi saya. Karena ini adalah salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah untuk menguji kesabaran saya. Alhamdulillah, insya Allah saya akan melewatinya,” pungkas Rafi yang lebih memilih istirahat di rumah.

Sebelumnya, Rafi telah mendapat dukungan dari seluruh penggawa Laskar Antasari. Bahkan, saking pedulinya, manajemen menyediakan spanduk khusus bertuliskan “Keep Strong Rafi Syarahil Kami Bersama mu!!”.

Spanduk itu sengaja dibentang segenap pemain dan pelatih sebelum laga perdana Barito Putera pada Shopee Liga 1 2019 menjamu Persija Jakarta di Stadion 17 Mei Banjarmasin.

Berita Terkait