6 Cara Agar WA Terlihat Offline

Privacy yang tetap terjaga merupakan suatu hal yang penting. Tak terkecuali dalam penggunaan sosial media seperti WA. Dalam berkirim pesan di WA, seringkali kita enggan menanggapi semua chat karena beberapa alasan. Untuk itu, terkadang orang mencari cara agar WA terlihat Offline padahal Online.

Sebagai pengguna Whatsapp, seringkali Anda butuh bersantai barang sejenak atau hanya ingin berfokus pada beberapa message tertentu yang Anda anggap penting saja. Sayangnya, sebagai pengguna Whapsapp aktif dengan jumlah kontak yang segudang, berbagai chat masuk jelas tak bisa dihindari.

Kenapa Orang Ingin Terlihat Offline Padahal Sedang Online di WA?

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi social messaging yang paling populer di abad ini. Bisa dikatakan, Whatsapp saat ini adalah sau-satunya platform sejuta umat. Hampir setiap manusia di bumi ini pasti menginstal aplikasi Whatsapp di smartphone­-nya.

Tidak menjawab chat seketika usai kita menerima pesan masuk sebenarnya sah-sah saja. Anda berhak melakukannya, toh nantinya Anda bisa membalas chat tersebut di saat senggang. Namun, terkadang si pengirim pesan merasa butuh segera direspon sehingga terus menanyakan balasan chat tersebut.

Hal ini tentu saja bisa mengusik kenyamanan Anda. Alih-alih ingin bersantai dan membalas chat di kala mood sedang oke, tapi mood malah semakin hancur karena chst tertentu yang terus menanyakan respon balasan.

Nah, Anda pasti pernah mengalami situasi seperti ini. Terkait hal tersebut, ada beberapa alasan yang membuat seseorang enggan terlihat Online dan ingin terbaca Offline di WA. Inilah beberapa alasannya:

1. Ingin fokus pada chat penting

Ingin-fokus-pada-chat-penting

Barangkali sebab Anda ingin terlihat Offline ketika pada kenyataannya sedang Online WA adalah karena sedang fokus pada chatting yang penting. Sedemikian urgent-nya chatting tersebut hingga Anda tak ingin membagi konsentrasi dengan meladeni chat-chat lain yang kurang penting.

Ini lumrah saja, makanya biasanya Anda akan segera melakukan pengaturan tertentu seperti cara agar WA terlihat Offline padahal Online. Ini dianggap menjadi cara efektif untuk mengurungkan niat kontak lain yang hendak mengirimi Anda pesan.

2. Ada chat yang ingin dihindari

Ada-chat-yang-ingin-dihindari

Sebagai pengguna aktif WA, ada kalanya Anda menjumpai chat WA yang menyebalkan. Bisa jadi pengirimnya adalah rekan pada kontak WA Anda sendiri, atau nomor di luar kontak WA Anda. kalau rekan Anda sedikit menyebalkan, biasanya Anda akan menghindari chat darinya.

Sama halnya, ketika ada nomor di luar kontak WA seperti misalnya agen atau sales produk tertentu yang kerap mengirimi Anda pesan untuk menawarkan dagangannya kepada Anda, kadang Anda pun merasa terusik dan ingin menghindarinya.

3. Ingin sedikit bersantai

Ingin-sedikit-bersantai

Bermain WA tidak sebatas melakukan chatting saja. Biasanya Anda juga ingin bersantai memainkan WA dengan sekedar membuka satu-persatu status rekan-rekan di kontak Anda atau sekedar memelototi foto profil mereka. Ada kalanya hal ini Anda lakukan bukan?

Nah, untuk hal ini biasanya Anda tak mau dibuat ribet dengan urusan chatting. Maka dari itu, pengaturan WA agar tampak Offline meski sedang Online biasanya dibutuhkan.

4. Mood atau suasana hati sedang kurang bagus

Mood-atau-suasana-hati-sedang-kurang-bagus

Ketika suasana hati sedang tak nyaman atau tak ingin diganggu, biasanya Anda akan bermain WA untuk hal-hal yang ringan dan tak menguras pikiran, seperti membuka-buka status WA atau membaca-baca chat lama. Disini Anda akan terbaca Online oleh kontak Anda.

Padahal bisa Anda bayangkan sendiri betapa malasnya kita bila harus meladeni pesan-pesan WA yang masuk di kala sedang suntuk. Ketika Anda tak ingin diusik untuk sementara dengan pesan-pesan yang masuk, maka atur WA agar nampak Offline.

Cara agar WA terlihat Offline Padahal Online

Pada penjelasan di atas telah disinggung beberapa alasan mengapa biasanya WA diatur agar nampak Offline padahal sedang Online. Nah, sekarang mari kita bahas beberapa pengaturan terkait cara agar WA terlihat Offline padahal sedang Online.

Beberapa pengaturan tersebut diantaranya adalah:

1. Menonaktifkan fitur ‘Last Seen’ WA

Cara pertama yang bisa dipraktekkan adalah dengan mematikan atau menon-aktifkan fitur ‘Last Seen’ pada WA. Last Seen sendiri bermakna ‘terakhir dilihat’.

Jadi, yang dimaksud disini adalah Anda menyetel pengaturan pada WA agar fitur yang mampu mendeteksi kapan ‘terakhir kali Anda melihat WA’ tidak aktif. Bila fitur ini dimatikan, maka Anda akan ter-detect tidak aktif atau Offline pada aplikasi WA. Sedangkan cara menon-aktifkan fitur ini adalah:

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Lanjutkan dengan meng-klik tanda titik tiga pada bagian pojok kanan atas Whatsapp
  • Pilih Setting atau Setelan
  • Lanjutkan dengan memilih Account atau Akun, kemudian pilih Privacy
  • Pada pengaturan Privacy ini, Anda akan dihadapkan pada beberapa pengaturan. Cari keterangan ‘Last Seen’ atau ‘Terakhir Dilihat’ dan pilih ‘Nobody’ atau ‘Tidak Ada’

Pada-pengaturan-Privacy-ini-Anda-akan-dihadapkan-pada-beberapa-pengaturan.-Cari-keterangan-‘Last-Seen-atau-‘Terakhir-Dilihat-dan-pilih-‘Nobody-atau-‘Tidak-Ada

Nah, dengan memilih opsi ‘Nobody’ atau ‘Tidak Ada’ pada fitur ‘Last Seen’ ini, maka tak seorangpun dari kontak Anda yang bisa melihat pukul berapa terakhir kali Anda aktif di WA.

2. Mengetik Status ‘Offline’ pada WA

Mengetik-Status-‘Offline-pada-WA

Cara kedua yang bisa dicoba adalah dengan mengetikkan status ‘Offline’ pada Whatsapp. Meski secara tehnis, cara yang kedua ini sifatnya pasif dan tidak seefektif cara pertama, namun setidaknya Anda telah memajang keterangan ‘Offline’ pada info akun WA Anda.

Secara tak langsung ini akan mencegah orang lain untuk menghubungi Anda terkait status ‘Offline’ Anda tadi. Untuk cara mempraktekkannya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Ketuk atau tap ikon titik tiga pada bagian pojok kanan atas WA
  • Lanjutkan pilih Setting atau Setelan
  • Ketuk atau tap Nama Profil WA Anda
  • Kemudian lihat pada bawah nama profil di bagian ‘About and phone number ‘ atau ‘Info’
  • Tap bagian pesan status yang sedang Anda pakai (pada setting Default atau standar, biasanya pesan status tertera ‘Available’ atau ‘Ada’)
  • Tap gambar pensil di sebelah kanan, edit pesan status yang ada dengan keterangan ‘Offline’
  • Aktifkan pesan status tersebut

Nah, sampai disini orang lain akan melihat info status akun Anda sebagai ‘Offline’. Sebenarnya Anda bisa saja menuliskan keterangan lain selain Offline, seperti misalnya ‘Sibuk’, ‘Tidak Aktif’, ‘Not Available’ dan sebagainya.

3. Mematikan Background Data

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan menon-aktifkan atau mematikan background data pada menu Setting WA. Perlu Anda ketahui, saat Anda me-minimize aplikasi Whatsapp, sebenarnya aplikasi ini statusnya masih aktif pada background dan penggunaan data masih terus berlangsung.

Meski saat itu Anda tidak mengakses WA dan sedang membuka aplikasi lain, status WA Anda masih terbaca Online oleh teman Anda. Nah, Anda bisa menon-aktifkannya melalui pengaturan berikut:

  • Masuk ke Setting atau Pengaturan smartphone Anda (bukan Setting WA)
  • Pilih ‘Data Usage’ atau Penggunaan Data
  • Lanjutkan dengan memilih ‘Wi-Fi Data Usage’ atau ‘Cellular Data Usage’ (tergantung jenis jaringan yang sedang Anda gunakan)

Lanjutkan-dengan-memilih-‘Wi-Fi-Data-Usage-atau-‘Cellular-Data-Usage-tergantung-jenis-jaringan-yang-sedang-Anda-gunakan

  • Kemudian cari icon Whatsapp
  • Lalu matikan atau Non-aktifkan Background Data (tap tombol pengaturannya hingga tidak aktif / tombol ke arah kiri)

Menon-aktifkan Background Data Whatsapp ini kemudian akan membuat Anda terbaca Offline oleh teman Anda. Keuntungan lain dari metode ini adalah menghemat data. Penggunaan data tidak akan terus berjalan ketika Anda me-meminimize aplikasi Whatsapp.

4. Membalas chat melalui Pop-up di layar

Terkadang, Anda ingin terbaca Offline oleh teman Anda ketika Anda sibuk dan hanya ingin membalas chat-chat  WA tertentu saja. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara membalas chat yang masuk melalui tampilan Pop-up di layar.

Dengan membalas chat pada Pop-up yang tampil dan bukannya dengan membuka aplikasi WA, status Anda tetap terbaca Offline meski Anda telah membalas chat-chat yang masuk. Untuk itu, Anda perlu terlebih dahulu mengaktifkan fitur Pop-up ini dengan cara:

  • Masuk ke Menu Setting atau Setelan pada WA
  • Tap opsi Notifikasi
  • Lanjutkan dengan memiliki Notification Pop Up
  • Kemudian pilih ‘Selalu Tampilkan Pop-Up’

Kemudian-pilih-‘Selalu-Tampilkan-Pop-Up

Dengan mengatur ke Setting ini, maka setiap ada pesan WA  yang masuk, ini akan tampil langsung di layar Smartphone.

5. Menon-aktifkan Centang Biru

Ini merupakan salah satu cara agar WA terlihat Offline padahal sedang Online yang umum dilakukan para pengguna WA. Menon-aktifkan centang biru akan mengisyaratkan bahwa pesan yang dikirimkan belum dibaca oleh si penerima pesan.

Otomatis hal ini akan menunjukkan status Offline kita. Cara ini sebenarnya cukup efektif untuk membendung niat si pengirim pesan agar tak terus-menerus mengirimkan pesannya. Cara mengaturnya adalah:

  • Buka aplikasi Whatsapp Anda
  • Tap icon titik tiga di bagian pojok kanan atas
  • Pilih ‘Setting’ atau Setelan
  • Lanjutkan dengan memilih ‘Account’
  • Kemudian pilih ‘Privacy’
  • Non-aktifkan opsi ‘Laporan Dibaca’

Non-aktifkan-opsi-‘Laporan-Dibaca-scaled

  • Otomatis centang biru tak akan aktif setiap Anda menerima atau mengirim pesan WA

Namun, satu kekurangan bila Anda menon-aktifkan centang biru adalah Anda tidak akan bisa mengetahui apakah pesan yang Anda kirimkan ke teman Anda sudah dibaca juga atau tidak. Jadi, intinya manfaat opsi ini sifatnya berlaku timbal balik.

6. Memilih Kontak-kontak Tertentu yang dapat Melihat Status

Pengaturan yang satu ini sebenarnya tidak hanya berupa pengaturan untuk membatasi siapa saja yang dapat melihat status Anda. Lebih dari itu, pembatasan juga bisa dilakukan untuk siapa saja yang dapat melihat foto profil ataupun informasi Profil Anda.

Semuanya bermuara pada opsi Privacy. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke aplikasi Whatsapp
  • Tap icon titik tiga di bagian pojok kanan atas
  • Pilih ‘Setting’ atau Setelan
  • Lanjutkan dengan memilih ‘Account’
  • Kemudian pilih ‘Privacy’
  • Lalu pilih Status
  • Lanjutkan dengan memilih ‘My Contacts, except….’ (kontak saya, kecuali…) atau Anda bisa juga memilih ‘Only share with …..’ (hanya berbagi dengan …..)

Lanjutkan-dengan-memilih-‘My-Contacts-except....-kontak-saya-kecuali...-atau-Anda-bisa-

Nah, sampai disini status Anda hanya akan bisa dilihat oleh kontak-kontak tertentu yang sudah Anda pilih. Sama halnya dengan Status, Foto Profil pun bisa diatur dengan pembatasan bagi kontak tertentu saja yang bisa melihatnya. Cukup mudah sekali bukan?

Tips Agar WA Terlihat Offline Padahal Sedang Online

Selain beberapa pengaturan diatas, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan seputar cara agar WA terlihat Offline padahal sedang Online, diantaranya:

1. Menggunakan WA Mod

Menggunakan-WA-Mod

Sebenarnya ada cara efektif untuk membuat status Anda terlihat Offline meskipun sedang Online. Cara ini terbilang mudah karena memang sudah diatur sebagai fitur khususnya. Caranya dengan menginstal aplikasi WA Mod. Ini merupakan versi modifikasi dari WA versi yang asli.

Pada WA Mod tersedia beraneka fitur yang tak ditemui pada aplikasi resmi Whatsapp. Bisa dibilang WA ini memanjakan para WA dengan fitur-fitur yang tak terbatas. Namun, perlu dicatat ini adalah aplikasi dari developer pihak ketiga yang tak resmi.

2. Tidak usah membuat Status WA

Tidak-usah-membuat-Status-WA

Bila Anda jarang atau bahkan tak pernah sama sekali membuat status / story pada WA, dapat dipastikan kontak Anda akan mengira bahwa akun WA Anda sudah tidak aktif. Jadi, salah satu cara untuk mengisyaratkan Anda tak aktif di WA lagi adalah dengan menahan diri tidak membuat status.

3. Aktifkan Mode Penghemat Daya (‘Power Saver’ Mode)

Aktifkan-Mode-Penghemat-Daya-‘Power-Saver-Mode

Tips selanjutnya untuk mengesankan bahwa Anda sedang Offline WA adalah dengan mengaktifkan Power Saver Mode. Ketika mode ini diaktifkan, sebagian besar aplikasi pada background / layar akan dimatikan. Sehingga status WA juga menjadi Offline.

FAQs Terkait Pengaturan Offline / Online WA

FAQs-Terkait-Pengaturan-Offline-Online-WA

Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait pengaturan Offline / Online pada WA, beberapa diantaranya adalah:

Q: Ketika saya me-nonaktifkan Background Data, apakah saya tetap bisa mendapatkan pop-up  notifikasi WA ketika ada pesan yang masuk?

A:    Tidak. Karena transfer data tidak berlangsung ketika Anda me-nonaktifkan Background Data, maka Anda tidak akan mendapatkan notifikasi pesan masuk secara real time. Solusinya, Anda harus langsung membuka aplikasi WA untuk mengecek ada pesan masuk atau tidak.

Q: Apakah aman bila saya menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WA Mod agar WA terlihat Offline padahal sedang Online?

A:    Sebenarnya penggunaan aplikasi selain aplikasi yang ditawarkan oleh developer resminya merupakan suatu tindakan ilegal. Anda bisa terkena risiko banned bila tidak berhati-hati. Meski tak disarankan, Anda bisa mencoba mencari link penyedia aplikasi Mod yang terpercaya dan aman.

Q: Apakah aplikasi WA Desktop pada PC atau Laptop juga bisa diatur Offline meski sedang Online?

A:    Tidak bisa. Aplikasi WA versi Web atau Desktop tidak bisa diatur agar terlihat Offline ketika sedang Online. Hal ini karena WA versi Web atau Desktop sangat bergantung pada koneksi WA versi mobile.

Q: Kalau mencermati cara-cara pengaturan di atas, sebenarnya tidak ada pengaturan spesifik yang bisa ditemui pada aplikasi WA yang memang benar-benar membuat kita Offline ketika sedang Online. Benarkah demikian?

A:    Benar. Sampai sejauh ini, developer resmi platform social messaging Whatsapp belum memiliki pengaturan spesifik yang bisa benar-benar mengatur status Offline WA meski sedang Online. Kesemua cara diatas hanyalah trik saja. Sedangkan WA versi Mod memiliki fitur tersebut.

Privacy memang ada kalanya perlu, namun etika dalam berkirim pesan tetap harus diperhatikan dan dijaga. Jangan sampai kita dihindari karena kita kurang sopan dalam berkirim pesan, misalnya saja karena kita mengirim pesan pada waktu-waktu yang kurang tepat atau karena terlalu intens mengirim pesan.

Demikianlah informasi lengkap seputar cara agar WA terlihat Offline padahal sedang Online berikut tips dan pertanyaan yang sering dilontarkan terkait masalah ini. Kini Anda bisa melakukan pengaturan tentang bagaimana sekiranya terlihat Offline oleh kontak Anda meski sebenarnya Anda sedang Online.

Semoga bermanfaat.

 

Lihat Juga :