Berita


Sriwijaya FC Ganti Formasi Hadapi Babel United

Dibuat tanggal 13 August 2019
Sriwijaya FC Ganti Formasi Hadapi Babel United

LIGA 2 2019 SRIWIJAYA FC

PALEMBANG - Sriwijaya FC sepertinya bakal meninggalkan formasi 4-2-3-1. Pola menyerang ala Barcelona FC (klub Liga Spanyol) tersebut menjadi andalan klub berjuluk Laskar Wong Kito dalam sepuluh laga terakhir Liga 2 2019.

Meski sering gonta-ganti komposisi pemain di starting eleven, Sriwijaya FC tidak pernah mengesampingkan pola 4-2-3-1. Namun, pada pekan ke-11 atau laga pemungkas putaran pertama menghadapi Aceh Babel United di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Rabu (14/8) mendatang bisa saja skuat Jakabaring, ganti menggunakan formasi 4-4-2.

Itu kalau melihat dari latihan taktik dan strategi Sriwijaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya, Senin (12/8) sore. Dimana secara bergantian Kas Hartadi pelatih kepala Sriwijaya FC mencoba dua penyerang target man sekaligus.

Ahmad Ihawan dan Airlangga Sucipto terlihat sering berdiri sejajar di barisan paling depan Sriwijaya FC. Sementara untuk posisi sayap kanan bergantian antara Yongky Aribowo dengan Monieaga.

Sedangkan pada posisi sayap kiri Edy Gunawan seperti bakal menjadi pilihan utama. Lantas posisi lini tengah ada dua pemain dengan posisi sejajar Hafit Ibrahim dan Ryan Wiradinata. Sesekali Eka Hera masuk menggantikan Hapit Ibrahim atau Ryan Wiradinata.

Sementara pada posisi fullback kanan Sriwijaya FC lebih kerab mengandalkan Akbar Zakaria. Kemudian fullback kiri diisi Yericho Christiantoko.

Lalu untuk posisi stoper Sriwijaya FC mencoba beberapa pemain menggantikan peran Bruno Casimir sebagai partner Ambrizal. Seperti Aditiya Wahyudi, Rahmat Juliandri dan Zamzani.  

Kemudian posisi penjaga gawang juga bergantian, ketiga penjaga gawang sama-sama mendapatkan kesempatan main secara rolling. Galih Sudaryono, Hendra Mole, dan Alex Sander bertukar posisi. "Tadi kita latihan taktik. Kita coba beberapa formasi dengan komposisi pemain berbeda jelang hadapi Babel United," kata Kas Hartadi pelatih Sriwijaya FC, usai latihan.

Namun, Kas Hartadi mengaku belum bisa memutuskan formasi dan starting eleven hadapi Babel United. "Ya, kalau lihat kondisi pemain tadi semua bisa berpeluang masuk starting eleven. Semua pemain fit, termasuk Rizky Dwi Ramadhana (winger) yang beberapa hari terakhir masih jalani proses penyembuhan cedera otot paha," terang dia.

Termasuk untuk sektor pemain belakang pengganti Bruno Casimir yang angkat kaki juga masih diseleksi. "Ya, Aditiya, Zamzani dan Rahmat Juliandri sama-sama punya peluang untuk masuk starting eleven," terang dia.

Yang pasti kata Kas Hartadi line up pemain baru akan diumumkan saat meeting tiga jam sebelum pertandingan. "Masih ada sesi latihan lagi dalam official training besok sore (13/8). Mudah-mudahan semua pemain tetap fit sampai hari pertandingan," tukas pelatih asal Solo, Jawa Tengah ini.

Mantan juru taktik Kalteng Putra ini mengaku masih buta kekuatan Babel United. Meski demikian dia mengaku tidak masalah. "Ya, kita fokus saja pada tim kita sendiri. Kita lakukan persiapan dengan maksimal dengan mengevaluasi hasil laga hadapi Bandung United dan PSMS Medan kemarin," terang dia.

Untuk target sendiri Kas Hartadi berharap bisa meraih tiga poin. Mengingat Sriwijaya FC bakal tampil di hadapan pendukung sendiri. "Apalagi nanti bakal jadi laga terakhir musim ini. Saya kira akan jadi pertandingan menarik dan menghibur," tutup dia.